GAGASAN DAN INTEGRITAS NYATA MUHAMMAD DARWIS
GAGASAN DAN INTEGRITAS
NYATA MUHAMMAD DARWIS
A. Judul Buku : Boeah Fikiran Kijai H. A. Dachlan
B. Pengarang : Abdul Munir Mulkhan
C. Penerbit : Global Base Review dan STIEAD Press
D. Tahun Terbit : 2015
E. Cetakan : 1
F. Dimensi : 20,5 14 cm
G. Harga Buku : Rp.55.000,00
Muhammad Darwis atau lebih di kenal dengan Kiai Haji Ahmad Dahlan, beliau lahir di
kampung kauman di kota yogjayakarta pada tahun 1868.Beliau adalah sosok pekerja keras dan mau
belajar terhadap sesuatu yang benar, belau pernah menuntut ilmu di mekah berbagai ilmu ia dapati
seperti,Ilmu Nahi, Fiqih, Falaq, Hadist, Qiroatul Qur’an, Pengobatan dan Racun, Filsafat serta
Tasawwuf.Nama Ahmad Dahlan ia dapati saat menuntut ilmu di mekkah yang mulanya bernama
Muhammad Darwis.Beliau orang pertama di indonesia yang menunaikan ibadah haji.
Berkat ilmu yang beliau dapati, beliau terapkan di tanah kelahirannya.Namun Integritas
beliau tidak berjalan mulus,justru beliau di anggap ajaran yang radikal oleh masyarakat
setempat.Gagasan beliau yang dinuai protes tidak mengendurkan tekadnya dalam tajdid islam di
indonesia,karena yang beliau rasa islam di negaranya telah tercampur aduk oleh agama lain atau
agama yang sudah dulu masuk ke nusantara (sekarang indonesia).Beliau juga mengajarkan
pentingnya Bersatu hati dalam beragama terutama agama islam.Beliau juga ingin menghapuskan
kemiskinan dan kebodohan yang di indonesia melalui banyak cara seperti membangun sekolah,
rumah sakit, panti asuhan,dsb, juga beliau menerapkan dimana manusia harus mempunyai iman,mau
mendengarkan, mau belajar, dan mampu berfikir kritis dan rasional untuk kemajuan bangsanya.
Ahmad Dahlan adalah Presiden (Ketua umum) sekaligus pendiri gerakan muhammadiyah
yang didirikan tahun 1912 hingga wafat 1923, gerakan pembelaan terhadap kaum tertindas dari
penderitaan akibat kemiskinan, kebodohan ( tidak berpendidikan) dan kepenyakitan dengan harapan
menjadikan islam yang kuat, sehat, besar dan maju. Beliau mendirikan PKO/ ejaan baru PKU(pusat
kesengsaraan umum)/(berubah nama kini menjadi MPKU) yang menajadikan salah satu gerakan
islam modern sekaligus menjadi kritik atas paradigma kehidupan berbasis kapitalis.Tujuan PKU itu
sendri bekerja dan menolong kepada kesengsaran umum dengan tidak memandangan golongan
kanan dan kiri.Gerakan memiliki program santunan orang miskin dan pengobatan bagi mereka,
bahkan pendidikan bagi kum tertindas.Salah satu gerakannya lagi adalah “WELAS ASIH” yang
menjadi kaki dan akar gerakan Muhammadiyah , gerakan ini di nilai sebagai paradigma baru sebagai
koreksi untuk menjadikan pembelaan pada kaum tertindas melalui pendekatan sebagai implementasi
nilai keislaman.
Usulannya pun dalam kongres islam Cirebon tahun 1912 mengenai gerakan pendidikanya
yaitu strategi pengembangan tat-kelola dan pembangunnya seperti,orang islam wajib meratakan
ilmunya, orang islam yang belum pandai harus belajar, karena sesuai prinsip ahmad dahlan bahwa
orang islam itu harus mempunyai dua sifat yaitu menjadi “GURU” dan “MURID”( Ahmad Dahlan,
1912) .Gagasannya punya pun antara lain “Tali Pengikat Hidup Manusia” yang terbit 1923 di
terbitkan Majlis Taman Pustaka.Salah satu kutipannya “Perpecahan adalah akibat tidak mengacu
pada kebenaran sejati yang bersumber alqur’an ( Media cetak Naskah: Ahmad Dahlan, Tali Pengikat Hidup
Manusia, Majilis Taman Pustaka,1923).
Kontribusi Muhammadiyah dalam integritas tidak hanya dalam gagasan dan tindakan dalam
bidang ekonomi dan pendidikan juga dalam politik,banyak kader Muhammadiyah yang ikut aktiv
dalam berpolitik bahkan ada sebagian dari kader tersebut menjadi salah satu birokrasi penting di
indonesia, seperti keterlibatkan muahmmadiyah dalam Masyumi, Partai Muslimin Indoneis
(Parmusi), Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), bahkan Muhammadiyah diberi status orsospol,
organisasi sosial yang mempunyai hak politik untuk menempatkan kadernya di birokrasi.Gagasan
Dahlan dalam Tradisi sosio-ritual terhadap sedekah, infaq, dan zakat bagi kepentingan publik,
membangun sekolah, tempat ibadah, panti asuhan dan amal sosial lainnya dinilai cukup efesien
untuk memperbaiki dan meneruskan pembaharuan islam di Indonesia.Kepeloporan Kiai Ahmad
Dahlan dalam penetapan sebagai pahlawan nasional yaitu, mempelopori kebangkitan ummat islam
untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa yang terjajah yang masih harus belajar dan berbuat,
dengan organisasi yang didirikn telah banyak memberikan ajaran islam yang murni ajaran yang
menuntut kemajuan,kecerdasan,dan beramal berdasar iman dan islam, mempelopori amal usaha
sosial dan pendidikan yang amat penting, mempelopori kebangkitan wanita Indonesia (Aisyiyah).
Kepemimpinan Kiai Ahmad Dahlan dikenali secara 3 unsur orientasi, unsur tersebut daasr
pemahaman islam adalah ajaran fungsional bagi persoalan hidup manusia, atas ajaran islam perlu
disebarkan dan disosialisasikan sehingga mudah di pahami melalui tabligh dan pendidikan formal
atau informal,seluruh kegiatan merupakan pelembagaan fungsi ajaran islam sebagai pribadi dan
sebagai warga dunia yang terbuka dan beragam.Keberpihakan Ahmad Dahlan pada wong cilik juga
bukti adanya gerakan PKU yang sebagai ladang media mobilitas sosial untuk mengatasi dan
menyelesaikan kegaduhan ekonomi dan sosial di negeri ini, dan juga media penyelesaian konflik
majikan dan buruh dalam logika kapitalis dan marixis.Sedangkan Ahmad Dahlan berpihak pada
kaum Proletar (wong cilik).
Muhammadiyah melalui gagasan Ahmad Dahlan merupakansuatu praktik kesalehan
kemanusiaan yang bersumber dari tafsir atas ajaran islam tentang kehidupan duniawi.karena menurut
beliau hidup bukannlah semata-mata ajaran tentang hidup sesudah kematian, tetapi pengabdian
manusia kepada sang khaliq melalui berbagai aksi kemanusiaan dan juga terdapat dalam prinsip
welas asih yaitu kebenaran dan kebaikan ajaran islam ketika memberi manfaat kepada orang banyak
tidak terbatas dinikmati oleh golongannya sendiri, tetapi bagi seluruh kemanusiaan.kebenaran dan
kebaikan islam bagi semua orang bisa di peroleh jika jaran islam yang termaktub dalam kitab al-
qur’an di pahami dan di terapkan dengan mempergunakan akal pikiran dan hati suci serta sikap
welas-asih (cinta kasih).
Pemikiran yang Ahmad Dahlan sangatlah rasional, relevan dan berfikir kritis juga maju
untuk kemajuan islam modern di indonesia, keterlibatan beliau dalam gagasannya yang sangat
inovatif menjadikan beliau sosok inovatif sebagai inspiratif kemajuan bangsa.banyaknya keaktivan
Ahmad Dahlan dalam berorganisasi, berpolitik seperti ikut menyuarakan ataupun berpartisipasi
dalam banyak partai politik menjadi bukti bahwa beliau juga sosok yang sangat peduli akan
kemajuan yang ada, juga di bidang sosial yang banyak membangun sebuah sekolah, rumah sakit,
panti asuhan sangatlah bijak.
Banyak sekali pembaharuan islam yang di lakukan Kiai Ahmad Dahlan dalam Revolusi
kebudayaan bermula dari Gagasannya dan di terapkannya melalui tindakan seperti mengubah arah
kiblat sesuai dengan yang benar, mengadakan sholat idul adha dan idul fitri dilapangan terbuka,
membuat sekolah berkemajuan dsb.Semua itu adalah bukti nyata bahwa hasil dari buah pikiran Kiai
Ahmad Dahlan tidak hanya sekedar wacana namun beliau terapkan melalui tindakan maka tidaklah
heran beliau diangkat sebagai pahlawan nasional karena apresiasi ketika beliau hidup untuk
memajukan perubahan islam dalam kebudayaan politik,ekonomi dan sosial.
Kelebihan dari buku ini dari segi cover yang simple dan relevan, dari segi kertas yang tidak
terlalu tipis sehingga tidak mudah robek, dari segi penggunaan kata baku yang sangat mudah di
pahami oleh semua orang, dari segi referensi yang ada cukup banyak memberikan informasi
mengenai sesuatu yang baru yang tidak kita ketahui,kelemahannya yaitu menggunaan ejaan lama
pada bab awal sehingga sedikit sulit untuk diartikan dan di maknai, dari segi kreativitas kurangnya
gambar yang mendukung supaya buku tersebut lebih kelihatan menarik oleh si pembaca, dan dari
penggunaan kata ada banyak kata dan halaman yang diulang intinya atau fokusnya sehingga sedikit
jenuh untuk membaca buku tersebut.
NYATA MUHAMMAD DARWIS
A. Judul Buku : Boeah Fikiran Kijai H. A. Dachlan
B. Pengarang : Abdul Munir Mulkhan
C. Penerbit : Global Base Review dan STIEAD Press
D. Tahun Terbit : 2015
E. Cetakan : 1
F. Dimensi : 20,5 14 cm
G. Harga Buku : Rp.55.000,00
Muhammad Darwis atau lebih di kenal dengan Kiai Haji Ahmad Dahlan, beliau lahir di
kampung kauman di kota yogjayakarta pada tahun 1868.Beliau adalah sosok pekerja keras dan mau
belajar terhadap sesuatu yang benar, belau pernah menuntut ilmu di mekah berbagai ilmu ia dapati
seperti,Ilmu Nahi, Fiqih, Falaq, Hadist, Qiroatul Qur’an, Pengobatan dan Racun, Filsafat serta
Tasawwuf.Nama Ahmad Dahlan ia dapati saat menuntut ilmu di mekkah yang mulanya bernama
Muhammad Darwis.Beliau orang pertama di indonesia yang menunaikan ibadah haji.
Berkat ilmu yang beliau dapati, beliau terapkan di tanah kelahirannya.Namun Integritas
beliau tidak berjalan mulus,justru beliau di anggap ajaran yang radikal oleh masyarakat
setempat.Gagasan beliau yang dinuai protes tidak mengendurkan tekadnya dalam tajdid islam di
indonesia,karena yang beliau rasa islam di negaranya telah tercampur aduk oleh agama lain atau
agama yang sudah dulu masuk ke nusantara (sekarang indonesia).Beliau juga mengajarkan
pentingnya Bersatu hati dalam beragama terutama agama islam.Beliau juga ingin menghapuskan
kemiskinan dan kebodohan yang di indonesia melalui banyak cara seperti membangun sekolah,
rumah sakit, panti asuhan,dsb, juga beliau menerapkan dimana manusia harus mempunyai iman,mau
mendengarkan, mau belajar, dan mampu berfikir kritis dan rasional untuk kemajuan bangsanya.
Ahmad Dahlan adalah Presiden (Ketua umum) sekaligus pendiri gerakan muhammadiyah
yang didirikan tahun 1912 hingga wafat 1923, gerakan pembelaan terhadap kaum tertindas dari
penderitaan akibat kemiskinan, kebodohan ( tidak berpendidikan) dan kepenyakitan dengan harapan
menjadikan islam yang kuat, sehat, besar dan maju. Beliau mendirikan PKO/ ejaan baru PKU(pusat
kesengsaraan umum)/(berubah nama kini menjadi MPKU) yang menajadikan salah satu gerakan
islam modern sekaligus menjadi kritik atas paradigma kehidupan berbasis kapitalis.Tujuan PKU itu
sendri bekerja dan menolong kepada kesengsaran umum dengan tidak memandangan golongan
kanan dan kiri.Gerakan memiliki program santunan orang miskin dan pengobatan bagi mereka,
bahkan pendidikan bagi kum tertindas.Salah satu gerakannya lagi adalah “WELAS ASIH” yang
menjadi kaki dan akar gerakan Muhammadiyah , gerakan ini di nilai sebagai paradigma baru sebagai
koreksi untuk menjadikan pembelaan pada kaum tertindas melalui pendekatan sebagai implementasi
nilai keislaman.
Usulannya pun dalam kongres islam Cirebon tahun 1912 mengenai gerakan pendidikanya
yaitu strategi pengembangan tat-kelola dan pembangunnya seperti,orang islam wajib meratakan
ilmunya, orang islam yang belum pandai harus belajar, karena sesuai prinsip ahmad dahlan bahwa
orang islam itu harus mempunyai dua sifat yaitu menjadi “GURU” dan “MURID”( Ahmad Dahlan,
1912) .Gagasannya punya pun antara lain “Tali Pengikat Hidup Manusia” yang terbit 1923 di
terbitkan Majlis Taman Pustaka.Salah satu kutipannya “Perpecahan adalah akibat tidak mengacu
pada kebenaran sejati yang bersumber alqur’an ( Media cetak Naskah: Ahmad Dahlan, Tali Pengikat Hidup
Manusia, Majilis Taman Pustaka,1923).
Kontribusi Muhammadiyah dalam integritas tidak hanya dalam gagasan dan tindakan dalam
bidang ekonomi dan pendidikan juga dalam politik,banyak kader Muhammadiyah yang ikut aktiv
dalam berpolitik bahkan ada sebagian dari kader tersebut menjadi salah satu birokrasi penting di
indonesia, seperti keterlibatkan muahmmadiyah dalam Masyumi, Partai Muslimin Indoneis
(Parmusi), Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), bahkan Muhammadiyah diberi status orsospol,
organisasi sosial yang mempunyai hak politik untuk menempatkan kadernya di birokrasi.Gagasan
Dahlan dalam Tradisi sosio-ritual terhadap sedekah, infaq, dan zakat bagi kepentingan publik,
membangun sekolah, tempat ibadah, panti asuhan dan amal sosial lainnya dinilai cukup efesien
untuk memperbaiki dan meneruskan pembaharuan islam di Indonesia.Kepeloporan Kiai Ahmad
Dahlan dalam penetapan sebagai pahlawan nasional yaitu, mempelopori kebangkitan ummat islam
untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa yang terjajah yang masih harus belajar dan berbuat,
dengan organisasi yang didirikn telah banyak memberikan ajaran islam yang murni ajaran yang
menuntut kemajuan,kecerdasan,dan beramal berdasar iman dan islam, mempelopori amal usaha
sosial dan pendidikan yang amat penting, mempelopori kebangkitan wanita Indonesia (Aisyiyah).
Kepemimpinan Kiai Ahmad Dahlan dikenali secara 3 unsur orientasi, unsur tersebut daasr
pemahaman islam adalah ajaran fungsional bagi persoalan hidup manusia, atas ajaran islam perlu
disebarkan dan disosialisasikan sehingga mudah di pahami melalui tabligh dan pendidikan formal
atau informal,seluruh kegiatan merupakan pelembagaan fungsi ajaran islam sebagai pribadi dan
sebagai warga dunia yang terbuka dan beragam.Keberpihakan Ahmad Dahlan pada wong cilik juga
bukti adanya gerakan PKU yang sebagai ladang media mobilitas sosial untuk mengatasi dan
menyelesaikan kegaduhan ekonomi dan sosial di negeri ini, dan juga media penyelesaian konflik
majikan dan buruh dalam logika kapitalis dan marixis.Sedangkan Ahmad Dahlan berpihak pada
kaum Proletar (wong cilik).
Muhammadiyah melalui gagasan Ahmad Dahlan merupakansuatu praktik kesalehan
kemanusiaan yang bersumber dari tafsir atas ajaran islam tentang kehidupan duniawi.karena menurut
beliau hidup bukannlah semata-mata ajaran tentang hidup sesudah kematian, tetapi pengabdian
manusia kepada sang khaliq melalui berbagai aksi kemanusiaan dan juga terdapat dalam prinsip
welas asih yaitu kebenaran dan kebaikan ajaran islam ketika memberi manfaat kepada orang banyak
tidak terbatas dinikmati oleh golongannya sendiri, tetapi bagi seluruh kemanusiaan.kebenaran dan
kebaikan islam bagi semua orang bisa di peroleh jika jaran islam yang termaktub dalam kitab al-
qur’an di pahami dan di terapkan dengan mempergunakan akal pikiran dan hati suci serta sikap
welas-asih (cinta kasih).
Pemikiran yang Ahmad Dahlan sangatlah rasional, relevan dan berfikir kritis juga maju
untuk kemajuan islam modern di indonesia, keterlibatan beliau dalam gagasannya yang sangat
inovatif menjadikan beliau sosok inovatif sebagai inspiratif kemajuan bangsa.banyaknya keaktivan
Ahmad Dahlan dalam berorganisasi, berpolitik seperti ikut menyuarakan ataupun berpartisipasi
dalam banyak partai politik menjadi bukti bahwa beliau juga sosok yang sangat peduli akan
kemajuan yang ada, juga di bidang sosial yang banyak membangun sebuah sekolah, rumah sakit,
panti asuhan sangatlah bijak.
Banyak sekali pembaharuan islam yang di lakukan Kiai Ahmad Dahlan dalam Revolusi
kebudayaan bermula dari Gagasannya dan di terapkannya melalui tindakan seperti mengubah arah
kiblat sesuai dengan yang benar, mengadakan sholat idul adha dan idul fitri dilapangan terbuka,
membuat sekolah berkemajuan dsb.Semua itu adalah bukti nyata bahwa hasil dari buah pikiran Kiai
Ahmad Dahlan tidak hanya sekedar wacana namun beliau terapkan melalui tindakan maka tidaklah
heran beliau diangkat sebagai pahlawan nasional karena apresiasi ketika beliau hidup untuk
memajukan perubahan islam dalam kebudayaan politik,ekonomi dan sosial.
Kelebihan dari buku ini dari segi cover yang simple dan relevan, dari segi kertas yang tidak
terlalu tipis sehingga tidak mudah robek, dari segi penggunaan kata baku yang sangat mudah di
pahami oleh semua orang, dari segi referensi yang ada cukup banyak memberikan informasi
mengenai sesuatu yang baru yang tidak kita ketahui,kelemahannya yaitu menggunaan ejaan lama
pada bab awal sehingga sedikit sulit untuk diartikan dan di maknai, dari segi kreativitas kurangnya
gambar yang mendukung supaya buku tersebut lebih kelihatan menarik oleh si pembaca, dan dari
penggunaan kata ada banyak kata dan halaman yang diulang intinya atau fokusnya sehingga sedikit
jenuh untuk membaca buku tersebut.
Komentar
Posting Komentar