Resensi Gagasan dan Integritas Muhammad Darwis


    GAGASAN DAN INTEGRITAS
   NYATA MUHAMMAD DARWIS

A.     Judul Buku                    : Boeah Fikiran Kijai H. A. Dachlan
B.      Pengarang                     : Abdul Munir Mulkhan
C.      Penerbit                        : Global Base Review dan STIEAD Press
D.     Tahun Terbit                  : 2015
E.      Cetakan                         : 1
F.      Dimensi                        : 20,5  14 cm
G.     Harga Buku                   : Rp.55.000,00


Muhammad Darwis atau lebih di kenal dengan Kiai Haji Ahmad Dahlan, beliau lahir di
kampung kauman di kota yogjayakarta pada tahun 1868.Beliau adalah sosok pekerja keras dan mau belajar terhadap sesuatu yang benar, belau pernah menuntut ilmu di mekah berbagai ilmu ia dapati seperti,Ilmu Nahi, Fiqih, Falaq, Hadist, Qiroatul Qur’an, Pengobatan dan Racun, Filsafat serta Tasawwuf.Nama Ahmad Dahlan ia dapati saat menuntut ilmu di mekkah yang mulanya bernama Muhammad Darwis.Beliau orang pertama di indonesia yang menunaikan ibadah haji.
            Berkat ilmu yang beliau dapati, beliau terapkan di tanah kelahirannya.Namun Integritas beliau tidak berjalan mulus,justru beliau di anggap ajaran yang radikal oleh masyarakat setempat.Gagasan beliau yang dinuai protes tidak mengendurkan tekadnya dalam tajdid islam di indonesia,karena yang beliau rasa islam di negaranya telah tercampur aduk oleh agama lain atau agama yang sudah dulu masuk ke nusantara (sekarang indonesia).Beliau juga mengajarkan pentingnya Bersatu hati dalam beragama terutama agama islam.Beliau juga ingin menghapuskan kemiskinan dan kebodohan yang di indonesia melalui banyak cara seperti membangun sekolah, rumah sakit, panti asuhan,dsb, juga beliau menerapkan dimana manusia harus mempunyai iman,mau mendengarkan, mau belajar, dan mampu berfikir kritis dan rasional untuk kemajuan bangsanya.
            Ahmad Dahlan adalah Presiden (Ketua umum) sekaligus pendiri gerakan muhammadiyah yang didirikan tahun 1912 hingga wafat 1923, gerakan pembelaan terhadap kaum tertindas dari penderitaan akibat kemiskinan, kebodohan ( tidak berpendidikan) dan kepenyakitan dengan harapan menjadikan islam yang kuat, sehat, besar dan maju. Beliau mendirikan PKO/ ejaan baru PKU(pusat kesengsaraan umum)/(berubah nama kini menjadi MPKU) yang menajadikan salah satu gerakan islam modern  sekaligus menjadi kritik atas paradigma kehidupan berbasis kapitalis.Tujuan PKU itu sendri bekerja dan menolong kepada kesengsaran umum dengan tidak memandangan golongan kanan dan kiri.Gerakan memiliki program santunan orang miskin dan pengobatan bagi mereka, bahkan pendidikan bagi kum tertindas.Salah satu gerakannya lagi adalah “WELAS ASIH” yang menjadi kaki dan akar gerakan Muhammadiyah , gerakan ini di nilai sebagai paradigma baru sebagai koreksi untuk menjadikan pembelaan pada kaum tertindas melalui pendekatan sebagai implementasi nilai keislaman.
Usulannya pun dalam kongres islam Cirebon tahun 1912 mengenai gerakan pendidikanya
yaitu strategi pengembangan tat-kelola dan pembangunnya seperti,orang islam wajib meratakan ilmunya, orang islam yang belum pandai harus belajar, karena sesuai prinsip ahmad dahlan bahwa orang islam itu harus mempunyai dua sifat yaitu menjadi “GURU” dan “MURID”( Ahmad Dahlan, 1912) .Gagasannya punya pun antara lain “Tali Pengikat Hidup Manusia” yang terbit 1923 di terbitkan Majlis Taman Pustaka.Salah satu kutipannya “Perpecahan adalah akibat tidak mengacu pada kebenaran sejati yang bersumber alqur’an ( Media cetak Naskah: Ahmad Dahlan, Tali Pengikat Hidup Manusia, Majilis Taman Pustaka,1923).
            Kontribusi Muhammadiyah dalam integritas tidak hanya dalam gagasan dan tindakan dalam bidang ekonomi dan pendidikan juga dalam politik,banyak kader Muhammadiyah yang ikut aktiv dalam berpolitik bahkan ada sebagian dari kader tersebut menjadi salah satu birokrasi penting di indonesia, seperti keterlibatkan muahmmadiyah dalam Masyumi, Partai Muslimin Indoneis (Parmusi), Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), bahkan Muhammadiyah diberi status orsospol, organisasi sosial yang mempunyai hak politik untuk menempatkan kadernya di birokrasi.Gagasan Dahlan dalam Tradisi sosio-ritual terhadap sedekah, infaq, dan zakat bagi kepentingan publik, membangun sekolah, tempat ibadah, panti asuhan dan amal sosial lainnya dinilai cukup efesien untuk memperbaiki dan meneruskan pembaharuan islam di Indonesia.Kepeloporan Kiai Ahmad Dahlan  dalam penetapan sebagai pahlawan nasional yaitu, mempelopori kebangkitan ummat islam untuk menyadari nasibnya sebagai bangsa yang terjajah yang masih harus belajar dan berbuat, dengan organisasi yang didirikn telah banyak memberikan ajaran islam yang murni ajaran yang menuntut kemajuan,kecerdasan,dan beramal berdasar iman dan islam, mempelopori amal usaha sosial dan pendidikan yang amat penting, mempelopori kebangkitan wanita Indonesia (Aisyiyah).
            Kepemimpinan Kiai Ahmad Dahlan dikenali secara 3 unsur orientasi, unsur tersebut daasr pemahaman islam adalah ajaran fungsional bagi persoalan hidup manusia, atas ajaran islam perlu disebarkan dan disosialisasikan sehingga mudah di pahami melalui tabligh dan pendidikan formal atau informal,seluruh kegiatan merupakan pelembagaan fungsi ajaran islam sebagai pribadi dan sebagai warga dunia yang terbuka dan beragam.Keberpihakan Ahmad Dahlan pada wong cilik juga bukti adanya gerakan PKU yang sebagai ladang media mobilitas sosial untuk mengatasi dan menyelesaikan kegaduhan ekonomi dan sosial di negeri ini, dan juga media penyelesaian konflik majikan dan buruh dalam logika kapitalis dan marixis.Sedangkan Ahmad Dahlan berpihak pada kaum Proletar (wong cilik).
            Muhammadiyah melalui gagasan Ahmad Dahlan merupakansuatu praktik kesalehan kemanusiaan yang bersumber dari tafsir atas ajaran islam tentang kehidupan duniawi.karena menurut beliau hidup bukannlah semata-mata ajaran tentang hidup sesudah kematian, tetapi pengabdian manusia kepada sang khaliq melalui berbagai aksi kemanusiaan dan juga terdapat dalam prinsip welas asih  yaitu kebenaran dan kebaikan ajaran islam ketika memberi manfaat kepada orang banyak tidak terbatas dinikmati oleh golongannya sendiri, tetapi bagi seluruh kemanusiaan.kebenaran dan kebaikan islam bagi semua orang bisa di peroleh jika jaran islam yang termaktub dalam kitab al-qur’an di pahami dan di terapkan dengan mempergunakan akal pikiran dan hati suci serta sikap welas-asih (cinta kasih).
            Pemikiran yang Ahmad Dahlan sangatlah rasional, relevan dan berfikir kritis juga maju untuk kemajuan islam modern di indonesia, keterlibatan beliau dalam gagasannya yang sangat inovatif menjadikan beliau sosok inovatif sebagai inspiratif kemajuan bangsa.banyaknya keaktivan Ahmad Dahlan dalam berorganisasi, berpolitik seperti ikut menyuarakan ataupun berpartisipasi dalam banyak partai politik menjadi bukti bahwa beliau juga sosok yang sangat peduli akan kemajuan yang ada, juga di bidang sosial yang banyak membangun sebuah sekolah, rumah sakit, panti asuhan sangatlah bijak.
            Banyak sekali pembaharuan islam yang di lakukan Kiai Ahmad Dahlan dalam Revolusi kebudayaan bermula dari Gagasannya dan di terapkannya melalui tindakan seperti mengubah arah kiblat sesuai dengan yang benar, mengadakan sholat idul adha dan idul fitri dilapangan terbuka, membuat sekolah berkemajuan dsb.Semua itu adalah bukti nyata bahwa hasil dari buah pikiran Kiai Ahmad Dahlan tidak hanya sekedar wacana namun beliau terapkan melalui tindakan maka tidaklah heran beliau diangkat sebagai pahlawan nasional karena apresiasi ketika beliau hidup untuk memajukan perubahan islam dalam kebudayaan politik,ekonomi dan sosial.
Jejak-jejak pemikiran islam Kiai Ahmad Dahlan juga memberi kontribusi yang sangat signifikan seperti gerakan etika welas asih, gerakan dmikian didasari cara pandang tentang kesatuan hidup mansuai, pemahaman atas kitab suci yang kompatibel dengan ilmu penghetauan.Pendidikan akal melalui pembelajaran melalui filsafat merupakan salah satu dasar metodologi terpenting dalam pemahaman islamnya Kiai Dahlan.
Karena itu semua orang islam harus selalu mencari ilmu sebagai murid dan harus menyebarkan ilmunya.Seberapa pun yang dikuasai, sebagai guru.Bagi Kiai Dahlan, guru dan murid adalah sidat dasar islam.
Gerakan manifesto pembelaan kaum tertindas bersifat inklusif dan kultural gerakan muhammadiyah sebagai mana pemikiran Kiai Ahmad Dahlan merupakan penjelasan mengenai penafsiran Islam pendiri gerakan islam mordern terbesar di dunia, bukan hanya merupakan antifesis keterpurukan sosiokultural sebagai kritik atas paradigma kehidupan.Akan tetapi mengadakan itu hanya mengingat dan memakai perintah-perintah agama islam belaka.
Selain itu juga adalah prinsip dan isi pendidikan menurut pemikiran Kiai Ahmad Dahlan strateseperti yang di lansir dalam kongres islam cirebon 1921.Muhammadiyah menyampaikan usulan tentang gerakan pendidikan berikut straeratakan agamategi pengembangan tata-kelola dan pembangunannya, dan bebrapa pokok pikiran dalam kongres cirebon.pertama, Masing-masing orang islam wajib meratakan ilmunya ,baik ulama, dan hanya yang baru sedikit ilmunya, kedua orang islam yang belom pandaibelajar kepada yang pandai,jadi orang islam itu bersifat guru dan sifat murid yang harus di jalani yakni belajar dan mengajar.
Dalam urusan politik Kiai Ahmad Dahan juga mempunyai peran penting di kanca politik seperti dalam khittah-12 ialah pandangan dasar ditempatkan sebagai pedoman gerak bagi warga muhammadiyah yang disusun dari tradisi dan gagasan yang berkembang pada saat muhmmadiyah di dirikan di tahun 1912.Memang awalnya Muhammadiyah didirikan sebagai organisasi politik,namun gerakan ini tak pernah menghindar dari keterlibatan politik baik dalam hubungan dengan penyelenggarakan kenegaraan atau pun partai politik.Awalnya Muhammadiyah menjadi anggota istimewa Masyumi dimana kadernta secara otomatis menjadi anggota partai ini.Selanjutnya  Muhammadiyah menyatakan melepaskan diri dari status anggota Masyumi, dan melahirkan Partai Muslimin Indonesia (PARMUSI) yang kemudian bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).Selain itu Muhammadiyah juga terlibat dalam kegiatan sekber Golkar sebelum organisasi ini menjadi partai politik.Muhammadiyah lebih mengedeoankan kearifan dan kecerdasan lokal yang membuka kemungkinan secara luas bagi warganya untuk menyalurkan aspirasi politiknya sesuai jiwa ajaran islam.Tafsir tersebut bisa beragam sesuai kearifan dan kecerdasan lokal warga muhammadiyah dan muhammadiyah dengan politik atau khususnya partai, bukan terletak pada hubungan organisatoris dan ideologis-nya.tetai bagaimana gerakan ini memperlakukan partai politik atau politik dengan arti luas.
Pemikiran tersebut muncul bersamaan dengan dinamika politik nasional.aktivis kader Muhammadiyah satu persatu terllibat aktif dalam beragam partai politik yang islami, sekuler atau nasionalis.Partai pilihan utama dari aktivis Muhammadiyah itu terus berubah dari Masyumi, Parmusi, PPP, Golkar, PAN.
Kiai Ahmad Dahlan juga mengeluarkan argumen gagasan tentang islam dan pendidikan yang menyatakan manusia seluruhnya harus bersatu hati, karena 1. Meskipun manusia memliki kebangsaan yang berbeda-beda, sesungguhnya nenek moyang mereka adalah nabi adam dan satu darah daging, 2. Agar supaya dengan bersatu hati itu manusia dapat hidup senang secara bersama di dunia. Apabila manusia mengabaikan prinsip kesatuan maka mereka akan hancur dan menghancurkan.beliau juga berkata:”sebagian besar pemimpin belum menaruh perhatian pada ebaikan dan kesejateraan manusia, akan tetapi baru memperhatkan kaum dan golomgannya sendiri bahka badannya sendiri pun.Para pemimpin harus mengerti benar tingkah laku, sikap, keadaan, adat istiadat orang-orang yang dipimpinnya supaya mampu berbuat dengan mengingat kemampuan sendiri tanpa harus tergesa-gesa namun juga harus memahami berbagai hal yang dapat diterima dan ditolak oleh mereka.Dapatlah diharapkan tumbuhnya keadaan yang mengarah kepada tercapainya kesatuan hati manusia.Beliau juga mengungkapkan agama itu pada mulanya bercahaya berkilau, akan tetapi semakin lama semakin suram.Namun suramnya bukannlah agamanya, akan tetapi orang yang memeluk agama tersebut.Manusia wajib mencari tambahan ilmu pengetahuan,jangan sekali-kali merasa telah cukup pengetahuannya, apalagi menolak pengetahuan orang lain.Manusia itu perlu dan wajib menjalankan dan melaksanakan pengetahuannya semata, semua makluk itu mempunyai kehenda dan hajat, dan setiap kehendak pasti ada maksud dan tujuannya, sedang untuk mencapainya pasti dan harus ada jalan.Tuhan sesungguhnya telah menciptakan dan mengadakan masa ( waktu) dan jalan untuk mencapai segala maksud dan tujuan tersebut.Dengan demikian, sesungguhnya maksud dan tujuan semua makhluk itu pasti dapat dicapai menurut jalan dan waktunya.
Bagi beliau “sesunggunya tidak ada yang lain dari maksud dan kehendak manusia itu ialah menuju keselamatan dunia dan akhirat.kritik yang paling diingat kritik feodalisasi keagamanaan dan peran negara yang biasa dikenal filantropi yaitu warisan terbesar Kiai Ahmad Dahlan yang tumbuh menjadi tradisi ritual negeri ini.Praktik filantropi merupakan penerapan prinsip pengaturan di dalam kehidupan bersosial dan beragama.Filantropi adalah jawaban atas kritik Allah dalam surat Al-Maun bahwa ritual salat tidak cukup sebagai bukti iman tanpa pemihakan kaum tertindas, tak beruntung, dan miskin ( dhuafa ).Ini merupakan dasar penumbuhan kekuatan ekonomi kolektif sekaligus pembiayaan ekonomi jamaah bagi karya-karya sosial sebagai bentuk pemberdayaan umat dari ketertindasan, kemiskinan, dan ketaberpendidikan serta keterbelngguan akibat kolonialisme,Filantropi tumbuh menjadi basis finansial masyarakat sipil di luar peran dan diluar kehadiran negara. Dan dari sinilah tumbuh kekuatan baru tanpa ketergantungan dengn peran kehadiran negara.
Media menjadikan filantropi menjadi media penggalangan pendanaan berbagai kegiatan sosial yang di dasari sebagai suatu ibadah kepada Allah.Filantropi juga telah mewarnai kegiatan masyarakat sipil diluar kehadiran negara,yaitu membangun masjid hingga mendirikan dan membiaya lembaga pendidikan, pembenahan jalan-jalan kampung, kebersihan selokan di kota, hingga pemberdayaan kaum miskin acap kali melibatkan kegiatan filantropi.Termasuk kegiatan pengobatan kaum tidak mampu,serta beasiswa.Gerakan derma juga dilakukan untuk memenuhi kegiatan seperti penyembilahan herwan qurban, terutama bagi pelajar dan mahasiswa, peruntukannya bagi masyarakat di kawasan daerah tertinggal.
Gerakan pemberdayaan warga miskin itu terlembaga dalam bagian PKU, sekarang majlis.Tahun 1923 didirikan rumah sakit, rumah miskin, rumah jompo, dan rumah piatu.Gerakan tersebut dipandang oleh dokter soetomo sebagai koreksi modernisme berbasis jargon herbet spencer “srvival of the fittest in the struggle for life” dari Dawin atau Darwinisme.Bagi soetomo kekuatan Muhammadiyah terletak pada etika welas asih.Deklarasi welas asih, terlihat dari pidato dr.soetomo saat meresmikan rumah sakit ( poliklinik ) PKO kedua di surabaya tahun 1924.Gerakan ini menjadikan pembelaan pada kaum tertindas melalui ke welas asihan sebagai implementasi nilai kerahmatan islam bagi seluruh segi kehidupan.
Buah pikiran Kiai Ahmad Dahlan seperti pendidikan manusia yang menghidupkan dan membebaskan yaitu muqaddimahdimana islam yang di wahyukan, termatub dalam al-qur’an adalah al-din yang mengajarkan prinsip-prinsip perubahan peradaban dan perkembangan ipteks bagi keadaan manusia untuk hidup bersama ( taawwun ) . Dan ada juga rumusan filsafat pendidikan Muhammadiyah, pendidikan Muhammdiyah adalah penyiapan lingkungan yang memungkinkan seseorang tumbuh sebagai manusia yang menyadari kehadiran Allah swt sebagai Rob dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS).Seseorang mampu memnuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri, peduli sesama yang menderita akibat kebodohan dan kemiskinan,senantiasa menyebarkan kemakrufan, mencegah kemungkaran bagi pemuliaan kemanusiaan dalam keranka kehidupan bersama yang ramah lingkungan dalam sebuah bangsa dan tata pergalauan dunia yamg adil, beradab dan sejahtera sebagai ibadah kepada Allah.
Pendidikan Muhammadiyah merupakan pendidikan islam modern yang mengintegritaskan agama dengan kehidupan dan antara iman dan kemajuan yang holistik.IPTEKS adalah hasil pemikiran rasional secara holistik dan komprehensif atas realita alam sesemsta merupakan kesatuan integral melalui kegiatan penelitan dan pengembangan yang terus menerus di perbarui bagi kemulyaan kemanusiaan dalam alam kehidupan yang lestari.Penguasaan IPTEKS langkah awal tumbuhnya kesadaran berpegang teguh sehingga pemikiran rasional adalah awal daro kesadaran spiritual ketuhanan, pengabdian ibadah kepada allah meliputi ibadah yang terangkum dalam rukum islam, penelitan dan pengembangan IPTEKS, penataan lingkungan hidup yang lestari berkelanjutan dalam kehiduapan bersama yang beradab, berkeadilan, dan sejahtera, serta pembebasan setiap orang dari penderitaan akibat kebodohan dari kemiskinan.
Gagasan dan Buah pikiran Kiai Ahmad Dahlan itu sendiri sangat berpengaruhi di masa itu dan di masa sekarang namun ironinya gagasan dasar dari pendiri Muhammadiyah itu kurang di tangkap generasi pelanjut kini mulai mengambil alih kepimpinan.Gerakan modernis terbesar itu seolah tersandera produk pembaruan Kiai saat banyak gerakan mulai mengambil posisi strategis dalam berbagai lembaga modern.Sebuha media nasional melaporkan bahwa posisi amal usaha pendidikan Muahmmadiyah konon kini tidak lagi berada pada posisi terdepan.Meski laporan itu perlu di cermati mengenai sumber data yang dipakai, namun bisa jadi gejala itu menjadi bukti transformasi kultural umat negeri itu kedalam peta gerakan yang dulu di pandang haram seperti pendidikan modern dan berbagai praktik ritual sosial.Sikap terbuka, toleran, dan membela yang menderita dari kiai Dahlan itulah yang membuat dr.Soetomo, elite priyai jawa, salah satu pemimpi boedi oetomo (berdirinya 1908), kepincut gerakan Muhammadiyah.Dokter ini menyebut focus, asas dan etos utama gerakan itu ialah ke welas asihan pada sesama, terutama rakat kecil yang teramcam dan tertindas.Karena itu Soetomo kemudian bersedia menjadi advisor HB (Hooft Bestur) Muhammadiyah bidang kesehatan.Disini letak fungsi strategis pembaruan sosial-kemanusiaan Kiai bagi pemberdaan dan pembebasan umat dari penderitaan kemiskinan struktur tersebut.
Kelebihan dari buku ini dari segi cover yang simple dan relevan, dari segi kertas yang tidak terlalu tipis sehingga tidak mudah robek, dari segi penggunaan kata baku yang sangat mudah di pahami oleh semua orang, dari segi referensi yang ada cukup banyak memberikan informasi mengenai sesuatu yang baru yang tidak kita ketahui,kelemahannya yaitu menggunaan ejaan lama pada bab awal sehingga sedikit sulit untuk diartikan dan di maknai, dari segi kreativitas kurangnya gambar yang mendukung supaya buku tersebut lebih kelihatan menarik oleh si pembaca, dan dari penggunaan kata ada banyak kata dan halaman yang diulang intinya atau fokusnya sehingga sedikit jenuh untuk membaca buku tersebut banyak sekali kata yang sering di ulang sehingga sulit untuk mengerti, dari segi kertasnya tipis dan jumlah halamannya pun sedikit dan lagi banyak sekali halaman ataupun kalimat yang satu di setiap halamannya

Komentar

Postingan Populer