Jakarta perlahan mulai tenggelam

     
           Nama masjid Wall Adhuna yang berada persis di Muara Baru, Jakarta bagian Utara menjadi bukti dan saksi bahwa perlahan Jakarta mulai tenggelam, Masjid yang mulanya di bangun berada dekat dengan laut Jakarta dan sekarang kini masjid tersebut tenggelam terkena genangan rob (air pasang laut).Genangan rob juga menggenangi sejumlah rumah penduduk sehingga harus direlokasi. Pemkot DKI Jakarta pun membangun tanggul penahan banjir rob agar tidak masuk kedalam perkampungan sekitar.
Masjid Terendam
Potret masjid ini menjadikan bukti kuat bahwa tinggi tanah di Kota Jakarta setiap tahun mengalami penurunan 1 meter dan yang otomatis menjadikan jumlah air laut yang kian meninggi pula, adapun wajah wajah tempat di Jakarta yang tersembunyi yang jika kita telaah akan menjadi ajang kita untuk menjaga dan melestarikan alam sekitar, seperti contoh yang terjadi di Kampung Apung, Jakarta Barat ini. wajah baru yang menghiasi dan menambah koleksi bahwa perlahan Jakarta mulai tenggelam,
Namun masyarakat disini pun, juga malah memanfaatkan alam sekitar untuk di jadikan hiburan dan tempat rekreasi di Ibukota Jakarta ini, mereka ataupun dari beberapa bocah di dua tempat ini malah asyik berenang dan beraktivitas selayaknya dan sewajarnya tempat yang patut di huni dan di tinggali, mereka seolah-olah tidak perduli alam yang menimpa tempat mereka, mereka seakan tidak sadar tempat yang mereka tinggali dan manfaatkan perlahan akan tenggelam seiring berjalan waktu jika tidak di perdulikan lagi. akan masih ada tempat untuk bocah-bocah ini bermain dan melakukan aktivitas di usianya mereka yang masih membutuhkan tempat hiburan untuk bermain.
Bersih-bersih - petugas air sedang membersihkan sampah
Melintas
         Akan di kemanakan bocah ini bermain, di tengah keterbatasan tempat mereka tetap saja bermain dengan teman sebayanya, jika Jakarta benar benar akan tenggelam, namun ada satu solusi untuk mereka yaitu menjaga alam ini dengan sama sama untuk tidak membuang sampah sembarangan, membuang limbah sembarangan, baik limbah plastik ataupun limbah lainnya yang akan membuat ketinggian air bertambah, kita sebagai pengguna dan pemakai tanah Jakarta ini sama sama merawat daerah kita agar tidak benar benar terjadi hal yang tidak di inginkan karena sudah banyak tempat menjadi bukti dan saksi bahwa perlahan Jakarta mulai tenggelam. mulai dari masjid tenggelam hingga sampai rumah di Jakarta barat yang nyaris tidak terapung lagi.
Menjemur-Seorang ibu sedang menjemur di antara sampah
hal ini
Mengambil bola
menyatakan, kuat dugaan bahwa pernyataan Jakarta perlahan mulai tenggelam satu persatu mulai terjawab dimana banyak tempat di Jakarta yang mulai terendam air baik itu karena alam ataupun karena ulah manusia itu sendiri, seperti di masjid tersebut hal ini di sebabkan karena ketinggian air disana dan penurunan struktur tanah yang mengakibatkan masjid tersebut terendam dan tidak bisa beroperasi dan di gunakan sebagaimana mestinya mesjid selayaknya. Namun tak hayal membuat para warga takut dan cemas justru mereka malah menikmati aktivitas dan fenomena yang jarang terjadi ini, di dua tempat ini mereka memanfaatkan lokasi sekitar untuk beristirahat, berteduh dan sekedar menikmati hal yang terjadi di sini dan di sekitarnya. namun bukan Jakarta kalo tidak taat peraturan dan merusak fasilitas, di tempat ini banyak di temukan sampah-sampah yang di hasilkan masyarakat yang beraktivitas di sini, beberapa dari mereka masih belum perduli akan lingkungan dan masa depannya mereka, mereka hanya memetingkan sesaat untuk kebaikan mereka sendiri.
Potrait bocah

Komentar

Postingan Populer